Lihat konten
Sejarah brand Citroë sejak 1919

CITROËN: 100 TAHUN KEBERANIAN DAN INOVASI

WARISAN CITROËN

Sejak 1919, merek Citroën telah menunjukkan keberanian dan keterikatan manusia yang tak berhenti. Ia memiliki lebih dari 100 tahun warisan dan lebih dari 300 model, beberapa di antaranya telah tercatat dalam sejarah. Kami mengundang Anda untuk mempelajari sejarah epik ini yang semuanya dimulai dengan kejeniusan visioner André Citroën.

SEJARAH LOGO CITROËN

Tahun 1900 di Polandia, André Citroën belajar tentang proses baru roda gigi logam. Salah satu sistem menggunakan chevron. Insinyur calon pendiri Citroën ini membeli lisensi dan mengadaptasi di pabrik Prancisnya. Dia kemudian memilih menjadikan chevron ganda sebagai lambang perusahaan pertamanya.

100 ANS D'HISTOIRE

1919 ANDRÉ CITROËN
Keberanian. Kreativitas. Teknologi. Tiga kata yang menggambarkan visi André Citroën, pelopor industri otomotif. Pada tahun 1919 petualangan Citroën yang hebat dimulai, dengan peluncuran Citroën Type A. 
1921-1922 IKLAN DI PARIS SKY
Pada tahun 1921, Citroën memperkenalkan model ke-2 dalam rangkaian modelnya yaitu B2. Kemudian datanglah Citroën 5HP di Paris Motor Show. Merayakan pameran tersebut, sebuah pesawat menulis kata "Citroën" di atas langit ibu kota Prancis.  
1922-1924 CROISIÈRE DI SAHARA DAN DI AFRIKA
Untuk menunjukkan kehandalan mobilnya, pada tahun 1922 André Citroën mengirimkan mobil half-track B2 10HP miliknya untuk melintasi gurun Sahara. Menyusul keberhasilannya, dua tahun kemudian ia mengatur ekspedisi Croisire Noire, melintasi Afrika dari utara ke selatan. 
1925 MENARA EIFFEL DIILUMINASI DENGAN CITROËN
André Citroën memiliki ide yang terinspirasi. Dia menempatkan nama mereknya di Menara Eiffel dalam huruf menyala setiap tahun 1925-1934 untuk mendapatkan perhatian secara Internasional. Setiap tahun, desainnya berubah sehingga selalu menjadi perhatian. 
1926-1930 CITROËN B14, C6 1 DAN C4
Pada tahun 1926, Citroën menghadirkan B14 mobil pasar massal dengan fitur mewah. B14 ini sangat sukses. Setelah itu tiga tahun kemudian ada C6 1, kendaraan utilitas cepat pertama di Prancis. Pada tahun 1930 ada C4, dengan kursi yang dapat dilepas dan bak truk di 2 bagian. 
1931 CROISIÈRE JAUNE DI ASIA
Lima tahun setelah Croisière Noire, Citroën melintasi benua Asia dari Beirut ke Beijing. Dinamakan 'Citroën Cental Asia Expedition', tujuan dari Croisière Jaune adalah untuk membuktikan kualitas teknis kendaraan ke seluruh dunia. 
1932-1934 CITROËN ROSALIE DAN TRACTION AVANT
Sebelum Paris Motor Show 1932, rilis terbaru Citroën, tersedia dalam beberapa model yaitu 8, 10 dan 15CV yang menyebabkan kegemparan. Dinamakan 'Rosalie', itu sudah memecahkan rekor kecepatan di trek. Traction Avant adalah sebuah revolusi pada tahun 1934 karena sebuah penggerak roda depan. 
1935 CITROËN MENGHADAPI MASALAH KEUANGAN
Peluncuran Traction Avant tidak menyelesaikan krisis finansial yang dihadapi Citroën. Pada akhir 1934, untuk menghindari kebangkrutan, Michelin membeli Citroën. André Citroën pun meninggal pada 3 Juli 1935 dan Pierre Boulanger menjadi CEO. 
1936-1939 TRAKSI AVANT 15-ENAM DAN TUB
Pada tahun 1938, 15-Six bergabung dengan Traction Avant. Nyaman dan cepat sehingga dijuluki "Queen of the Road". Tahun berikutnya, TUB menargetkan para profesional dengan hal baru yang signifikan: pintu pemuatan geser lateral. 
1945-1947 MEMBANGUN KEMBALI PABRIK CITROËN JAVEL
Selama Perang Dunia 2, pabrik Javel dibom. Dari tahun 1945 dibangun kembali. Pada bulan Oktober 1946, Citroën menghadirkan 3 model baru di Paris Motor Show: 11 B, 11 BL dan 15/6. Acara ini juga sekaligus melihat presentasi pertama Tipe H, menggantikan TUB. 
1948-1950 PRESENTASI CITROËN 2CV
2CV dipresentasikan di Paris Motor Show. Pendekatan baru untuk transportasi individu ini akan melihat 5 juta mobil ini dibuat pada tahun 1990. Pada tahun 1950 versi van dirilis, dengan beban berguna 250kg, kecepatan 60km/jam dan konsumsi 5L/100km. 
1955-1958 DS DAN CITROËN ID 19
Pada tahun 1955, Citroën mempersembahkan DS di Paris Motor Show. Dirancang oleh Flaminio Bertoni, ini adalah revolusi aerodinamis dan estetika. Pada tahun 1958, ID 19 memenangkan reli Monte Carlo. Setelah ini, Citroën memutuskan untuk mengambil bagian dalam balapan jalanan lainnya. 
1960-1969 CITROËN AMI 6, DYANE DAN MÉHARI
Pada tahun 1960, Ami 6 diluncurkan di seluruh Eropa. Pada tahun 1967, Dyane menggunakan mekanisme 2 CV tetapi memiliki keserbagunaan sebuah perkebunan. Pada tahun 1968, Méhari kembali mengguncang segalanya. Off-road dan all purpose, mobil berbodi plastik ini menjadi ikonik. 
1970-1974 CITROËN SM, GS DAN CX
Citroën SM yang mewah dan sporty diluncurkan pada tahun 1970, menyempurnakan inovasi DS. Pada tahun yang sama, GS menonjolkan bodi yang paling aerodinamis. Pada tahun 1974, suspensi hidropneumatik dan dasbor futuristik CX membuat kendaraan ini mencolok. 
1976-1978 CITROËN LN, LNA DAN VISA
Pada tahun 1976 real CX disajikan untuk pertama kalinya, diikuti oleh LN. LN menanggapi krisis oli dengan mesin terkecil di kisarannya. Tahun 1978 muncul Citroën LNA dan Visa. Ini adalah mobil standar pertama dengan Integrated Electronic Ignition
1980-1987 2CV CHARLESTONE, CITROËN BX DAN AX
Edisi terbatas 2CV Charleston hadir pada tahun 1980. Two-tone body nya sangat populer dan diproduksi secara massal. Pada tahun 1982, BX membuat gempar, sedan hatchback modern menampilkan 5 pintu dan 5 kursi. Empat tahun kemudian AXE memberikan kejutan. 
1989-1994 CITROËN XM, ZX, DAN JUMPER
XM adalah kembali menjadi jajaran premium dengan suspensi Hydractive. Pertama secara global diperlihatkan sebagai Car of the Year dan menerima 14 penghargaan. Pada tahun 1991, ZX memiliki kursi belakang geser dengan sandaran yang dapat disesuaikan. Lalu, pada tahun 1994, Citroën meluncurkan Jumper dengan PEUGEOT dan Fiat. 
1995-1998 CITROËN SAXO, BERLINGO, DAN XSARA PICASSO
Citroën memperkenalkan Jumpy, sebuah van komersial ringan. Citroën Berlingo datang tahun berikutnya, diikuti oleh Berlingo Multispace dan Saxo. Pada tahun 1997, untuk peringatan seratus tahun Paris Motor Show, Citroën memperkenalkan Xsara Picasso, sebuah MPV kecil. 
2000-2004 CITROËN C5 DAN C3
Pada tahun 2000 Paris Motor Show menyambut Citroën C5 yang memiliki kombinasi elegan dan dinamis. Dua tahun kemudian, Citroën C3 dirilis di Prancis. Lekukannya mengingatkan kembali pada Citroën 2 CV. Seperti penyambutan! 
2005-2008 CITROËN C1, C6, C4 PICASSO, DAN C-CROSSER
Produksi C1 dimulai pada tahun 2005. Merek ini menghadirkan C6, dikemas dengan teknologi. Tahun berikutnya, C4 Picasso menjadi MPV kecil pertama Citroën. SUV pertama diluncurkan pada 2007, C-Crosser. 2008 membuat C3 Picasso, terkenal karena kapasitasnya. 
2009 CREATIVE TECHNOLOGIE
Citroën memperkenalkan merek barunya yaitu Creative Technologie sebagai pertanda ulang tahun pemiliknya. Merek ini juga memperkenalkan logo 3D baru dengan Chevron krom bulat. Kata Citroën muncul di bawah dengan huruf merah. 
2010-2012 C-ZERO DAN DS LINE
Pada tahun 2010 Citroën bergerak ke dunia listrik dengan C-Zero. Yang pertama dalam antrean panjang! Pada tahun yang sama deretan DS diluncurkan dengan DS3 model pertama. DS4, sebuah coupé 4 pintu yang diangkat, menyusul pada tahun 2011. Ada preview DS5 di Shanghai. 
2014-2015 C4 CACTUS DAN E-MÉHARI
Di tahun 2014, Citroën merilis C4 Cactus, alternatif untuk sedan kecil yang menggabungkan penggunaan dan estetika. Akhir tahun berikutnya, E-Méhari, mobil konvertibel 4 kursi 100% elektrik yang menarik, menjadi penghargaan modern untuk Méhari 1968. 
2017-2019 CITROËN SUV
C3 Aircross, SUV pertama Citroën, hadir di 2017. Mengikuti C5 Aircross, kendaraan yang nyaman karena Progressive Hydraulic Cushions® dan Advanced Comfort Seats. Di 2019, Citroën C5 Aircross SUV Hybrid menjadi plug-in hybrid pertama merek tersebut. 
100 TAHUN CITROËN
Gathering of the Century, bagian dari perayaan 100 tahun Citroën, diadakan di La Ferté-Vidame, yang menjadi ikon bagi merek tersebut dan merupakan tempat lahirnya 2CV (1948). Lebih dari 10.000 kolektor, 4.200 mobil, dan lebih dari 60.000 orang hadir. 
2020 AMI
Pada awal 2020, Citroën membuat seluruh pasar terkejut dengan AMI, solusi mobilitas yang tidak konvensional. Elektrik dan sangat kecil, dapat diakses oleh semua orang, tidak memerlukan lisensi dan dengan penawaran yang terjangkau. 

MUSEUM VIRTUAL CITROËN ORIGINS

Diluncurkan pada tahun 2016 dan dapat diakses di 65 negara, museum virtual ini menampilkan koleksi 83 model Citroën yang ikonik. Museum ini menawarkan pengalaman yang unik, baik visual maupun suara, saat Anda menemukan model merek, dalam 3D, baik interior maupun eksterior.

KONSERVATORI CITROËN

Citroën telah membangun warisan otomotif yang tak tertandingi dari tahun 1919 hingga zaman modern. Warisan ini dihormati oleh Conservatoire di Aulnay-sous-Bois, sebuah museum yang menampung salah satu koleksi kendaraan terbesar di dunia, lebih dari 400 model bersejarah. Dengan tidak melupakan arsip industri dan komersial yang menelusuri sejarah merek ikonik.

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

For Everyone, Like No One